-->
×

Owner / Author / Admin / etc

    Rahman NM    

"Pada halaman web ini saya akan membagikan informasi informasi menarik seputar Anime, Manga, Game, Film, dan juga berbagai tips-tips menarik lainnya."

Apa Itu Front-End, Back-End, dan Full Stack Developer ? Berikut Penjelesannya

Anirocksite.com - Apa itu Front-End,Back-End, dan Full Stack Developer ? Nah pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai ketiga Istilah tersebut.

Pernah mendengar istilah Web developer ? Jika belum, Web Developer merupakan seorang programmer yang memiliki skill untuk membuat atau mengembangkan sebuah Web menggunakan bahasa pemrograman. Namun untuk menjadi seorang Web Developer, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan juga kuasai yaitu Front-End, Back-End, dan Full Stack Developer.

Disini kita akan membahas mengenai Front-end, Back-End, dan Full Stack Developer. Nah langsung saja kita bahas mengenai ketiga Istilah tersebut secara singkat dan jelas.

Apa Itu Frond-End, Back-End dan Full Stack Developer ?

#1. Front-End
Yang pertama kita bahas terlebih dahulu adalah Front-End. Front-End merupakan seseorang yang mengatur tampilan Web, misalnya yang sering kalian lihat pada website yaitu Font, Warna, Menu, dll.

Untuk menjadi seorang Front-End ada beberapa Skill yang harus kamu kuasai yaitu HTML (Hyper Text Markup Languange), CSS (Cascading Style Sheet), dan Javascript.

#2. Back-End
Jika Front-End adalah orang yang mengatur tampilan Web, maka Back-End adalah orang yang mengatur atau bertanggung jawab memprogram di bagian Server, misalnya bagian Server, Aplikasi, dan Database.

Biasanya Back-end akan bekerjasama dengan Front-end dalam mengembangkan sebuah website agar program dari Front-end dapat sinkron dengan tampilan Website.  

Untuk menjadi seorang Back-End maka skill yang harus dapat kamu kuasai adalah Bahasa Pemrograman PHP, Python, Java+ , Linux, Ruby, dll.

#3. Full Stack
 Apa itu Full Stack ? Full Stack merupakan gabungan atau kombinasi dari Front-end dan Back End, singkatnya adalah mereka yang dapat membangun sebuah website dari Front-end hingga Back-end.

Tapi bukan hanya itu saja, untuk menjadi Full Stack Developer kalian harus dapat menguasai semua layer atau bagian yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah web mulai dari Server, Hosting, Struktur Data, Modeling, User Interface (UI), User Experience (UX),  API, Websocket, dll.

Maka, yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Full Stack dalam mencakup Front-end dan Back-End adalah HTML, CSS, Javascript, PHP, Python, Java+, UI, UX, dll.

Kesimpulan
Front-end merupakan orang yang mengatur tampilan Web, sedangkan Back-end orang yang mengatur koding bagian Server, agar dapat lebih mudah mengetahui perbedaannya kita harus mempelajari dulu Arsitektur sebuah web. Untuk Full Stack merupakan mereka yang dapat membangun Website dari 0 mulai dari Front-end Hingga Back-End sekaligus dapat menguasai layer atau bagian dari Web seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Nah mungkin itu saja yang dapat saya bahas mengenai Front-end, Back-end, dan Full Stack Developer, apabila ada kesalahan dalam pemilihan kata dalam artikel ini mohon maaf dan silahkan berkomentar agar saya dapat memperbaikinya. Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai Web Developer.

Creativity of codes and exploiting, with code we can do something fun.
Facebook Instagram Twitter
Show Comments!
Hide comments

2 Responses to "Apa Itu Front-End, Back-End, dan Full Stack Developer ? Berikut Penjelesannya"

Kebijakan berkomentar :

Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik, agar orang tau sebijak apa karakter anda melalui kata-kata,

Silahkan berkomentar apapun selagi masih berhubungan dengan halaman postingan ini,

Dilarang berkomentar menggunakan Link Aktif,

Centang Notife Me agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright 2020 Anirock Site - All Rights Reserved Created With