-->
×

Owner / Author / Admin / etc

    Rahman NM    

"Pada halaman web ini saya akan membagikan informasi informasi menarik seputar Anime, Manga, Game, Film, dan juga berbagai tips-tips menarik lainnya."

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini

Anirocksite.com - Bahasa pemrograman saat ini sedang populer atau banyak dipelajari di Indonesia bahkan dunia. bahasa pemrograman atau bisa juga disebut bahasa komputer, merupakan sebuah perintah yang dapat dimengerti oleh komputer. Bagi seorang developer bahasa pemrograman adalah hal penting yang harus dikuasai agar dapat mengembangkan sebuah aplikasi atau web, namun tidak semua bahasa pemrograman digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi ataupun web karna seorang developer juga harus memilih bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk aplikasi yang akan dibuat tersebut.

Jumlah bahasa pemrograman itu sangat banyak, namun tidak semuanya digunakan oleh Developer. Terkadang mereka hanya menggunakan 1 sampai 2 bahasa pemrograman saja dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau web.

Jadi bahasa pemrograman apa yang paling banyak digunakan oleh Developer ? Nah disini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman terpopuler saat ini secara singkat dan jelas, yang telah saya rangkum dari beberapa sumber.

Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini

#1. Javascript
Javascript merupakan Bahasa Pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Javascript adalaj bahasa pemrograman tingkat tinggi, interpreted, dan berorientasi dengan objek yang sesuai dengan spesifikasi ECMAScript. 

Alasan mengapa Javascript sangat populer adalah dengan Javascript kita dapat membuat website terlihat menjadi lebih menarik.

#2. Python  
Python adalah bahasa pemrograman kedua terpopuler saat ini dan termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python juga merupakan bahasa pemrograman Open Source yaitu dapat dijalankan pada beberapa platform Seperti Windows, Linux, Mac OS, VM (Virtual Machine).

Alasan mengapa Python sangat populer adalah karena dapat mengembangkan Aplikasi, baik itu berbasis Web maupun Mobile dan Python juga termasuk bahasa pemrograman yang mudah bagi pemula karna bahasa pemrograman Python mudah dibaca dan mudah juga dipahami.

#3. C#
C# disebut C Sharp, bahasa pemrograman C Sharp dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman C Sharp ini dibuat berdasarkan basis C++. C Sharp juga sering digunakan untuk Mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

#4. PHP
PHP (Hypertext Prep-rocessor) adalah bahasa pemrograman General Purpose yang dirancang untuk mengembangkan web dan dibuat oleh Rasmus Lerdoft pada tahun 1994. PHP sangat banyak digunakan saat ini, karena bahasa pemrograman PHP merupakan Server Side Scripting yang memang dirancang khusus untuk mengembangkan sebuah web. Dan beberapa situs situs besar juga menggunakan bahasa pemrograman PHP seperti Facebook, Wordpress, ataupun DIGG.

#5. C++
C++ Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa pemrograman C. C++ dan C memiliki cara penulisan Sintaks yang hampir sama namun memiliki perbedaan dalam penyelesain masalah. Misalkan pada permasalah bahasa C kita harus membagi-bagi kedalam Sub-sub masalah yang lebih kecil lagi, Sedangkan C++ berfokus pada Objek permasalahan yang dibagi-bagi kedalam Class-class.

Alasan mengapa bahasa pemrograman banyak digunakan adalah karena banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa pemrograman C++ untuk mengembangkan sebuah software seperti Adobe, Firefox.

#6. Ruby
Ruby adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang dan dikembangkan pada pertengahan tahun 1990 oleh Yukihiro Matz di Jepang. Bahasa pemrograman Ruby ditulis seperti bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Ruby juga merupakan bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berfokus atau mengarah kepada objek. Ruby bertujuan untuk menggabungkan bahasa bahasa pemrograman Skrip yang ada di Dunia.

#7. Java
Java merupakan bahasa pemrograman General Purpose dirancang berbasis class yang dapat dijalankan di berbagai Platform. Java dikembangkan ditahun 1991 Pada The Green Project oleh Sun Microsystem.

Alasan mengapa bahasa pemrograman Java sangat populer adalah karena Java dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian Java juga termasuk bahasa pemrograman OOP (Pemrograman Orientasi Objek) sehingga programmer dapat lebih mudah menyusun program, dan memiliki Library yang akan mempermudah programmer menyusun program.

Mungkin itu saja yang dapat saya bahas mengenai bahasa pemrograman terpopuler saat ini yang telah saya rangkum dari berbagai Sumber, dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau bahasa yang tidak dapat dimengerti, silahkan berkomentar agar dapat saya perbaiki. Dan semoga bermanfaat :D

Creativity of codes and exploiting, with code we can do something fun.
Facebook Instagram Twitter
Show Comments!
Hide comments

1 Response to "7 Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini"

Kebijakan berkomentar :

Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik, agar orang tau sebijak apa karakter anda melalui kata-kata,

Silahkan berkomentar apapun selagi masih berhubungan dengan halaman postingan ini,

Dilarang berkomentar menggunakan Link Aktif,

Centang Notife Me agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright 2020 Anirock Site - All Rights Reserved Created With